Student Immersion To Brisbane merupakan sebuah program keinternasionalan unit SMP Taruna Bakti untuk meningkatkan mutu pendidikan dan wawasan keinternasionalan dari siswa dan guru SMP Taruna Bakti. Program ini terlahir dengan semangat untuk mempersiapkan siswa SMP Taruna Bakti agar lebih siap dalam persaingan di era globalisasi. SMP Taruna Bakti perlu untuk merancang sebuah program pembelajaran yang dapat menstimulasi siswa bisa memiliki wawasan internasional, mandiri, tanggungjawab dan berani berkomunikasi dengan masyarakat dunia sehingga mereka kelak mampu tetap survive di Negara mana saja lebih-lebih di Negara sendiri.

Pada tahun pelajaran 2019-2020, program ini terlaksana dari tanggal 25 Oktober sampai dengan 3 November 2019 dengan Negara tujuan Queensland, Australia. Program Student Immersion to Brisbane tahun 2019 diikuti oleh 6 orang siswa dan 1 orang guru pembimbing. Dalam pelaksanaannya, program Student Immersion to Brisbane SMP Taruna Bakti bergabung dengan SNP Labschool Rawamangun, Jakarta. Berangkat bersama-sama sebagai duta Indonesia belajar dan mengenalkan budaya Indonesia dihadapan siswa dan staf Mabel Park State High School, Queensland-Australia jugamengenal dan mengambil budaya yang positif dati Negara tersebut.

 

Adapun beberapa kegiatan yang diikuti oleh siswa dan guru selama kegiatan Student Immersion adalah sit-in di beberapa kelas pembelajaran di Mabel Park State High School bersama dengan Buddy selama 4 hari, menampilkan pertunjukan tari tradisional Indonesia di hadapan siswa dan staf Mabel Park State High School, melakukan kunjungan ke Universitas Queensland, Australia, tinggal dengan house-fam yang merupakan penduduk asli Australia selama 9 hari, serta mengunjungi berbagai objek wisata, budaya, dan cagar alam di sekitar Brisbane.

Program Student Immersion ini sangat baik untuk terus dikembangkan. Melalui program ini siswa akan mendapatkan pengalaman dan wawasan internasional yang berharga yang bisa menjadi bekal mereka kelak untuk bisa melanjutkan studi di luar negeri atau untuk menjadi masyarakat global yang baik


.