Pelaksanaan penyembelihan hewan qurban dilandasi oleh teladan seorang hamba yang bertakwa kepada Allah SWT yaitu Nabi Ibrahim AS yang diminta Allah SWT untuk menyembelih putranya Ismail, namun atas kuasa Allah SWT digantikan dengan seekor domba,. Peristiwa tersebut penuh makna teladan akan keimanan dan ketahuidan bagi umat manusia khususnya bagi kita umat muslim. Sebagaimana yang tertulis dalam Q.S. Al-Kautsar ayat 1 – 3

“sesungguhnya Aku telah memberikan nikmat yang banyak kepadamu, maka laksanakan salat untuk Tuhan-Mu dan berkurbanlah. Sesungguhnya orang yang membencimu inilah yang terputus” (Q.S.Al-Kautsar : 1-3)

Salah satu keutamaan dari penyembelihan hewan qurban adalah untuk  menumbuhkan   dan meningkatkan keimanan dan katakwaan kita kepada Allah SWT. Kegiatan penyembelihan hewan qurban di SMP Taruna Bakti adalah kegiatan tahunan seperti tahun-tahun sebelumnya agar nilai-nilai teladan dari proses pelaksanaan dan pengelolaan hewan qurban terus dapat dipahami oleh kita semua dan mendapat berkah dari Allah SWT.

Penyembelihan hewan qurban di sekolah, Alhamdulillah sudah dilaksanakan  pada hari Jumat,  1 September 2017, jam 08.00- 14.00 dengan lancar, adapun hewan qurban dibeli dari uang titipan sodaqoh qurban dan titipan hewan qurban domba dari  peserta didik SMP Taruna Bakti.